Gunung Papandayan Pesona Surga Swiss Van Java

8738

Gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terdapat di Garut, tepatnya di Kec.Cisurupan. Pesona keindahannya sudah tak dipungkiri lagi oleh siapapun, selain kita dapat menikmati panorama area kawah vulkanik, di Papandayan juga terdapat begitu banyak spot pemandangan yang dapat dinikmati dan diabadikan mealui lensa kamera sahabat. Memiliki ketinggian 2665 Mdpl dengan suhu khas berkisar antara 10º Celcius pada keadaan normal. Tempat wisata ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga, baik untuk sekedar menikmati kesejukan udara di area ini maupun untuk gathering atau camping ground.

pesona gunung papandayan garut pemandangan inimahgarut
View dari Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah Gunung dengan tipikal track yang tidak begitu susah, sehingga siapapun dapat meakukan tracking atau pendakian di gunung ini, bahkan pemula sekalipun. Hal itulah yang menjadikan gunung ini gunung paling hits dikalangan pendaki seantero nusantara, tak hanya pendaki nusantara, Papandayan pun dikenal oleh turis-turis asing karena sejuta pesona keindahan dan keunikan Papandayan ini.

titik awal pendakian rute papandayan parkiran camp david
View Kawah Papandayan dari menara pengawas Camp David

Aksesibilitas menuju Papandayan tidaklah susah, dari pusat kota Garut hanya membutuhkan waktu kurang-lebih 20 menit untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan baik umum maupun kendaraan pribadi. Untuk para pendaki gunung biasanya menjadikan terminal Guntur sebagai check point awal untuk selanjutnya meneruskan menuju Cisurupan. Untuk angkutan umum yang dapat digunakan adalah angkot jurusan Garut – Cikajang, jika rombongan sahabat bisa sewa kendaraan umum sampai dengan parkiran gunung papandayan atau para pendaki biasa menyebut tempat ini dengan Camp David. Namun jika perorangan sahabat dengan angkot ini hanya bisa sampai alun-alun Cisurupan, selebihnya perjalanan dari titik ini dapat ditempuh dengan tracking jalur perkampungan menuju parkiran papandayan, atau untuk menyingkat waktu tempuh alternatif lain dapat dengan menggunakan ojeg.

Sahabat Inimah Garut tidak perlu khawatir jika memang baru pertama kali mengunjungi tempat ini, Gunung Papandayan merupakan salah satu Gunung yang ada di Garut dengan informasi yang terbilang lengkap baik online maupun di lapangan. Track jalur maupun petunjuk arah di papandayan cukup memadai untuk sahabat yang gemar hiking, jika informasi dirasa kurang sahabat juga dapat menanyakan di pusat informasi ketika sahabat membeli tiket masuk area TWA, tanyakanlah informasi selengkap-lengkapnya dan mintalah peta jalur lintasan tracking papandayan. Jika masih dirasa kurang juga, sahabat bisa menggunakan jasa guide, tidak susah kok mendapatkan guide di papandayan ini, banyak sahabat-sahabat pecinta alam yang siap untuk menemani perjalanan anda di papandayan ini. Selain guide, porter juga bisa didapatkan untuk membawa barang bawaan sahabat jika memang dirasa perlu.

Daya tarik Papandayan begitu banyak dari mulai titik awal pendakian sampai mengeksplor area-area yang memiliki kekhasannya. Diantara begitu banyak pesona diantaranya yang dapat anda kunjungi adalah kawah Papandayan, wajib untuk anda yang pertama kali berkunjung ke gunung papandayan ini. Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk adalah spot yang wajib anda kunjungi. Selain kawah, spot lain yang wajib diknjungi adalah Pondok Saladah yang didominasi dengan hamparan rumput, edelweis dan suagi gunung. Di area ini melintang aliran sungai cisaladah yang bening, pada masa silam di sungai ini banyak ditumbuhi salada, tanaman sejenis lalab-lalaban yang menandakan bahwa air di sungai ini bersih serta dapat dikonsumsi, namun belakangan tumbuhan ini mulai hilang dari kawasan sungai ini karena satu dan lain hal.

golden sunrise papandayanSelain Pondok Saladah ada juga Hutan Mati yang menjadi spot paling romatis sepanjang masa hehe, mengapa disebut hutan mati karena area ini memang benar-benar hutan dengan pohon-pohon kerdil yang kering tanpa nyawa dikarenakan terbakar panasnya uap ketika papandayan meletus. Tidak mati total, ada beberapa tumbuhan yang perlahan tumbuh di area ini namun tetap tumbuhan kering masih mendominasi.

sunrise hutan mati papandayanLain hal dengan Hutan Mati, spot selanjutnya yang begitu memukau para pendaki adalah Tegal Alun yang benar-benar merupakan padang edelweis, sejauh mata memandang. Pada medio September 2015 ketika kebakaran melanda Papandayan area ini salah satu yang juga turut terbakar hebat, namun perlahan musim penghujan mengembalikan dan memulihkan ekosistem, mulai membaik dan Tegal Alun kembali menjadi hijau dengan edelweisnya.

hutan mati dead forest papandayan mountain garut
Hutan Mati

Destinasi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Puncak Papandayan, dari puncak dengan ketinggian summit 2665 Mdpl adalah spot untuk mendapatkan view pesona Papandayan, pesona sunrise atau matahari terbit tentunya yang banyak dicari dan puncak ini adalah salah satu spot untuk mendapatkannya.

Nah sahabat Inimah Garut, selamat menjelajah dan menikmati pesona Wisata Gunung Papandayan, ingat jangan mengambil apapun kecuali gambar, jangan membunuh apapun kecuali waktu, dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Salam Lestari, Keep Garut Beautiful Euy!

REVIEW OVERVIEW
Aksesibilitas
Spot Fotografi
Sarana
SHARE
Inimah Garut adalah media Independen (non-politik) sederhana berbasis sosial media Instagram sharing Hub dan juga Web-Based menghimpun dan mengupas tentang Garut, terutama destinasi wisata dan khasanah Garut.

KOMENTAR