Pantai Santolo Pesona Keindahan Swiss Van Java

10828

Santolo merupakan salah satu destinasi Inimah Garut kali ini, pesona keindahan bentang pantai yang langsung berhadapan dengan samudera Hindia ini memang sungguh memukau, terlebih keindahan dikala mata hari senja akan pulang kembali menuju peraduannya. Terletak di Kec.Cikelet,Garut tak jauh dari Kec.Pameungpeuk, pantai ini memang telah lama dikenal sebagai tempat tujuan wisata di Garut oleh para wisatawan, baik itu wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri. Pantai ini merupakan lautan lepas sehingga penampakan didominasi dengan pasir pantai yang minim karang.

dermaga pantai santolo garutAksesibilitas menuju pantai Santolo yang merupakan TWA cukup baik, dari pusat kota Garut pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum dengan jarak tempuh 88KM atau sekitar 4jam perjalanan. Terdapat beberapa akses untuk menuju area selatan Garut ini, sahabat bisa melaui jalur standar melalui Garut Kota ataupun jika memang sedang melakukan perjalanan touring bisa menggunakan akses jalur alternatif lain yakni melalui pangalengan, namun jarak tempuhnya terbilang jauh karena harus terlebih dahulu mengakses daerah seperti pangalengan, talegong, cisewu, caringin, ranca buaya dan kemudian mengambil akses jalur ke kiri menuju pameungpeuk. Cukup jauh memang jika menggunakan akses alternatif ini, namun dibalik itu tersimpan sejuta pesona yang akan sahabat temui sepanjang perjalanan ini, trust us 😀 Pemandangan alam memukau meghiasi sepanjang perjalanan dengan pesona perbukitan, oh ya jika sahabat mengambil akses dari Pangalengan jangan lupa mempersiapkan fisik kendaraan karena jarak tempuh yang cukup jauh dan memerlukan stamina kendaraan yang prima. Untuk jalur standar Garut Kota, sahabat bisa menggunakan ELF jurusan Garut – Pameungpeuk dari terminal Guntur, Garut.

sunset pantai santolo foto garut selatanNah, lalu apa daya tarik Pantai Santolo? selain dari keindahan bentang pantai, pasir putih dan panorama samudera hindia sejauh mata memandang di area ini terdapat juga pulau kecil, yakni pulau santolo dengan dermaga peninggalan jaman Belanda pada tahun 1910 yang pada masa itu area santolo akan dijadikan pelabuhan namun karena satu dan lain hal pemerintahan Hindia Belanda membatalkannya dan menjadikan tempat ini sebagai tempat berwisata, Santolo kala itu juga dikenal dengan sebutan Baai Van Tjilaoeteureun. Beberapa tahun silam di area dermaga ini terdapat bungker, masyarakat sering menyebutnya ‘hawu’ (sunda. tungku utk memasak) dan menyebut dermaga ini dengan ‘dermaga hawu’. Jika air sedang surut untuk mengakses dermaga ini dari pantai santolo bisa menyebrang langsung melalui sungai cilauteureun, namun jika air laut sedang pasang, sahabat harus menyebrangi dengan menggunakan perahu nelayan.

sunset pantai santolo garut selatan

Santolo merupakan tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan sehingga sahabat dengan mudah menemukan ikan-ikan jika memang menghendaki, disini juga terdapat pasar ikan dan area oleh-oleh khas pantai. Di pantai ini juga terdapat penginapan-penginapan bagi sahabat untuk beristirahat.

Peta Pantai Santolo

Selamat menjelajahi Pantai Santolo Pesona Keindahan Swiss Van Java. Salam Lestari, Keep Garut Beautiful Euy!

REVIEW OVERVIEW
Aksesibilitas
Spot Fotografi
Sarana
SHARE
Inimah Garut adalah media Independen (non-politik) sederhana berbasis sosial media Instagram sharing Hub dan juga Web-Based menghimpun dan mengupas tentang Garut, terutama destinasi wisata dan khasanah Garut.

KOMENTAR